Baldwings's Blog
Just another WordPress.com weblog

Monas

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah salah satu dari monumen peringatan yang didrikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.

Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dibangun pada dekade 1961-an. Tugu peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80 hektar. Arsitek pembangun tugu Monas adalah Soedarsono dan Ferederich Silaban, dengan konsultan Ir.Rooseno, mulai dibangun Agustus 1959, dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Presidan RI, Ir. Soekarno. Monas resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Pembangunan Tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, untuk tetap membangkitkan inspirasi, semangat juang, serta semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.

Tugu Monas yang menjulang tinggi melambangkan lingga (alu atau anatan) yang penuh dimensi khas budaya Bangsa Indonesia. Semua pelataran cawan melambangkan yoni (lumbung). Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang terdapat hamper disetiap rumah penduduk pribumi Indonesia. Lapangan Monas mengalami berkali – kali pergantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, Taman Monas, dan Silang Monas.

Bentuk Tugu peringatan yang satu ini sangat unik. Sebuah batu Obeliks yang terbuat dari marmer yang berbentuk lingga yoni simbol kesuburan ini tingginya 132m. Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton, berdiameter 6m, terdiri dari 77 bagian yang disatukan. dan dilapisi emas 35kg. Lidah api atau obor ini sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan.

Pelataran puncak tugu berupa ‘’Api Nan Tak Kunjung Padam’’ yang berarti melambangkan Bangsa Indonesia yang dalam perjuangannya tidak pernah surut sepanjang masa. Tinggi pelataran cawan dari dasar 17m dan ruang museum sejarah 8m. Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar, berukuran 45×45m, merupakan pelestarian angka keramat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Iklan

8 Tanggapan to “Monas”

  1. heii.. pinjem fotonya ya buat masuk blog monasionalism 🙂

  2. […] gara-gara melihat foto air mancur menari seperti di atas  (tapi ga tau apakah masih ada atau nggak), jadi kepikiran makin […]

  3. hei! Pinjem Photonya ya buat di bikin Themes! Makasih sebelumnya!

  4. Fotonya bagus gan. Pengen bisa fotografi bagus kaya gitu. Lumayan untuk foto-foto model di Semarang. Thanks.

  5. gan sedot gambarnya ya…keren soalnya

  6. Bagus banget/………….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: