Baldwings's Blog
Just another WordPress.com weblog

Kemacetan Jakarta

Seperti yang kita ketahui, scenario kemacetan lalu lintas dikota Jakarta tidak pernah mencapai titik klimaks . Namun sayangnya, masyarakat Jakarta terkadang mengabaikan keadaan tersebut demi rupiah yang harus diraih sehingga masalah kemacetanpun tidak pernah terselesaikan. Hal ini mempengaruhi berbagai sector terutama yang berkaitan dengan perjalanan.  Kemacetan yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa factor tertentu.

Faktor kegagalan pemerintah daerah yang mengatur sarana transportasi umum, seperti seribu kata tanpa wujud yang berarti. Selain itu, penetapan transportasi angkutan umum yang kurang strategis juga menjadi salah satu faktornya. Ada juga factor pembangunan peningkatan ruas jalan yang tersendat dan kurang tertata, menyebabkan penumpukan volume kendaraan di beberapa titik sibuk.

Sudah seharusnya juga kita pahami bahwa jumlah kendaraan bermotor khususnya mobil yang semakin meningkat karena peningkatan daya beli masyarakat. Misalnya, sebuah keluarga memiliki beberapa buah mobil yang disebabkan tingginya tingkat produksi mobil dimana hal ini kurang diperhatikan oleh pemerintah, seperti kata pepatah “cendawan tumbuh setelah hujan”. Apalagi saat ini harga mobil semakin terjangkau dan mudah dalam memperolehnya.

Sehubungan dengan itu, berbagai dampak buruk telah ditimbulkan. Salah satu contohnya adalah keterlambatan jam kerja dan aktivitas lainnya. Hal ini juga menyebabkan efek samping terhadap masyarakat seperti terbuangnya waktu, tenaga dan biaya. Pada zaman sekarang ini memang waktu adalah uang. Sementara segala aktivitas setiap hari juga harus diselesaikan.

Untuk mengatasi scenario ini, semua pihak haruslah menyadari, bertenggang rasa, berbagi dari segala tingkatan sosial masyarakat  untuk menyelesaikan masalah kemacetan. Langkah awal yang harus diambil adalah dengan meningkatkan efisiensi transportasi umum. Perbaikan fasilitas disegala tingkatan transportasi umum yang lebih nyaman dan aman, agar masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum.

Bukan hal yang aneh jika kita menyatakan bahwa kemacetan telah mernjadi fenomena umum yang terus menimbulkan berbagai dampak negative.  Tegasnya, semua pihak harus mau bnekerjasama menuntaskan  masalah bersama agar kesejahteraan dan keharmonisan masyarakat terpenuhi dan tidak sesal dahulu berpendapatan, sesal kemudian tak berguna lagi.

baca juga : http://id.shvoong.com/social-sciences/1943355-solusi-kemacetan-jakarta/

Iklan

Belum Ada Tanggapan to “Kemacetan Jakarta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: